Radio Mayangkara | Kritis Solutif

Hotline  (0342) 802327
BERANDA LANG LANG KOTA Sosial Politik Walikota Blitar Ajukan 400 Posisi CPNS Tahun 2013, Menyusul Moratorium Dicabut
Monday, 28 January 2013 10:11

Walikota Blitar Ajukan 400 Posisi CPNS Tahun 2013, Menyusul Moratorium Dicabut

Ilustrasi Ilustrasi

Mayangkararadio.com : Walikota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan, tahun 2013 ini pihaknya mengajukan sekitar 400 formasi CPNS untuk tahun 2013 pada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara. Itu menyusul tahun 2013 pemerintah mencabut moratorium PNS. Samanhudi menjelaskan, tenaga di pemkot Blitar baik tenaga pendidikan, kesehatan maupun teknis semakin berkurang lantaran sejumlah PNS yang sudah memasuki masa pensiun.

Sehingga harus segera merekrut tenaga PNS baru. Namun Samanhudi menyerahkan pada Kemenpan berapapun jumlah formasi yang diberikan. Pemkot Blitar menyambut baik pencabutan moratorium itu.

Diwartakan Republika, Pemerintah memutuskan untuk mengakhiri kebijakan moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), setelah dilaksanakan selama 16 bulan.Wakil Presiden Boediono sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Reformasi Birokrasi Nasional mengatakan meskipun moratorium sudah dihentikan, namun beberapa rambu yang diterapkan selama moratorium akan terus dilanjutkan, yaitu zero growth policy.Menurutnya, nantinya perekrutan pegawai negeri sipil hanya bisa dilakukan dengan tiga syarat yang ada. Pertama, perekrutan harus terlebih dahulu memiliki peta jabatan serta rencana kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan yang didukung analisis jabatan dan analisis beban kerja, memiliki rencana dan melaksanakan redistribusi pegawai serta memiliki pola rekrutmen CPNS yang terbuka, fair, bersih, efisien, dan akuntabel.(van)